18 Mei 2018

Berlangsung di Bulan Ramadhan Grebeg Pancasila Tahun 2018 Dilaksanakan Pada Malam Hari

Jumat 18 (05/18), bertempat di Balai Kota Kusuma Wicitra, Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar rapat Perencanaan Grebeg Pancasila 2018, yang akan dilangsungkan tanggal 31 (05/18). Hadir dalam acara itu, Walikota-Wakil Walikota Blitar, Jajaran OPD dan Forkompida. Di mulai sekitar pukul 10.30 WIB. Rapat dipimpin Drs. Tri Iman Prasetyono Msi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Blitar. Tri Iman mempresentasikan rencana pelaksanaan Grebeg Pancasila Tahun 2018. Hampir seluruhnya disetujui oleh Walikota Blitar. Adapun tema kegiatan Peringatan Hari Lahir Pancasila Sebagai Momentum Menumbuh Kembangkan Toleransi Dalam Kebhinekaan.

Sementara itu, Drs. Santoso Mpd Wakil Walikota Blitar selaku Penasihat dalam kegiatan Grebeg Pancasila Tahun 2018 menjelaskan, secara teknis tidak ada perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi Bedhol pusaka, Tirakatan, Upacara budaya, Kirab gunungan lima, dan Kenduri Pancasila yang akan dilaksanakan pada malam hari, karena bertepatan dengan Bulan Ramadhan.

Tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tapi nanti pelaksanaanya malam hari, karena bertepapan dengan puasa jelas Santoso

Lebih lanjut Santoso menegaskan, moment 1 (06/18), tanggal lahirnya Pancasila menjadi moment untuk menyatukan seluruh masyarakat, sehingga tidak lagi pandang agama, ras, dan budaya. Santoso berharap, Grebeg Pancasila 2018 dapat berjalan lancar. Untuk itu peran masyarakat sangat diperlukan, guna memantu menciptakan suasana tertib, aman, dan kondusif.(Kir)



Dibaca : 120















Close