09 April 2018

Seluruh Peserta UNBK SMA diharapkan Junjung Tinggi Kejujuran

Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) untuk pelajar kelas XII SMA dilaksanakan mulai tanggal 9 hingga 12 (04/18). Di Blitar jumlah peserta UNBK sekitar 2.227 anak, tersebar di 13 lembaga sekolah baik negeri maupun swasta.

Drs.Suhartono, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Blitar mengatakan hari pertama pelaksanaan UNBK melakukan monitoring ke sejumlah lembaga sekolah. Untuk wilayah Kota Blitar, di dua lokasi, MAN Kota Blitar dan SMAN 1 Kota Blitar. Dari hasil pantauan, penyelenggaraan UNBK berjalan dengan lancar. 

Menurut Suhartono, meskipun berharap capaian prestasi para pelajar SMA di Blitar raya bagus, namun pihaknya tetap menekankan untuk menjunjung tinggi kejujuran. 

“Kejujuran itu yang paling penting. Sehingga tidak akan terprovokasi adanya isu-isu seperti bocornya kunci jawaban UNBK. Karena hal itu mustahil dan jujur bukan hanya bagi siswa, namun seluruh pihak yang terlibat dalam UNBK, baik para guru dan juga pengawas,”jelas Suhartono.

Disinggung mengenai hasil UNBK tahun lalu yang jeblok, hal itu karena masih tahun pertama pelaksanaan UNBK. Sehingga pihaknya yakin, tahun ini prestasi yang diperoleh meningkat. Apalagi seluruh lembaga sekolah sudah berulangkali menyelenggarakan try out.

“Mayoritas seluruh lembaga sekolah di Blitar Raya sudah menyelenggarakan try out UNBK,”imbuh Suhartono.

Sementara itu Drs.Ahmad Damanhuri M.Pd, kepala SMAN 1 Kota Blitar mengatakan jumlah peserta UNBK SMAN 1 Kota Blitar sebanyak 394 anak. Berharap tahun ini bisa lulus 100 persen dengan peningkatan prestasi. Tentunya dengan tetap menjunjung tinggi kejujuran.

Pelaksanaan UNBK SMA tiap hari terbagi dalam 3 sesi. Sesi 1 mulai pukul 07.30 - 09.30 WIB, sesi 2 10.30 - 12.30 WIB dan sesi 3 14.00 - 16.00 WIB. Adapun untuk mata pelajaran (mapel) secara berurutan mulai hari pertama hingga keempat, bahasa indonesia- Matematika-Bahasa Inggris dan satu mata pelajaran jurusan. (Ram) 



Dibaca : 46