09 April 2018

Bappeda Gelar Workshop Penulisan Karya Inovasi

Pemerintah kota Blitar melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar workshop penulisan karya inovasi. Kegiatan yang berlangsung di ruang Majapahit Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, jalan Ahmad Yani kota Blitar, Senin, 09 (04/18), dibuka walikota Blitar, Muhammad Samanhudi Anwar SH. Dalam kesempatan itu walikota Blitar memberi motivasi kepada para peserta dalam membuat karya inovasi. Dapat mendorong kemajuan pembangunan. Sesuai visi misi kota Blitar, khususnya dalam pengembangan ekonomi kreatif seperti dalam mewujudkan program Masyarakat Berdaya Menuju Kota Pariwisata(Mayajuwita) di kota Blitar.    

Ir. Jatmiko Budi Santoso, kepala Bappeda kota Blitar mengatakan, di Bappeda kota Blitar ada bidang Penelitian Pembangunan yang diantara tugas pokok dan fungsinya mengembangkan inovasi tehknologi agriobis dan informasi tehnologi. Dua bidang ini akan dilombakan. Untuk itu perlu adanya beberapa tahapan. Diantaranya, deselenggarakan workshop dan sebelumnya telah disosialisasikan. Dari lomba inovasi ini nantinya dilakukan pendampingan sampai bisa dirasakan masyarakat. 

‘’ Workshop ini merupakan langkah persiapan menuju lomba. Sebelumnya juga telah dilakukan sosialisasi. Dengan tahapan tahapan yang dilakukan ini diharapkan nanti hasilnya bisa lebih baik,’’ kata Jatmiko.  

Jatmiko menambahkan, kegiatan ini sejalan dengan konsep yang dicanangkan walikota  Blitar, dalam mengembangkan ekonomi kreatif dan daya inovasi yang tinggi sejalan dengan program. 
  
Peserta yang mengikuti workshop mencapai kisaran 100 orang. Perwakilan dari masing masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, perwakilan dari perguruan tinggi, lembaga SMA, SMK dan para pelaku ekonomi kreatif, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), kelompok wanita tani serta asosiasi makanan minuman. Dalam worshop ini,  menghadirkan beberapa nara sumber. Diantaranya, Dosen Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya yang berpengalaman sebagai juri lomba inovasi tingkat propinsi Jawa Timur,  Mangku Purnomo, PHD. Dengan materi tentang Penggalian Ide Inovasi dan Tehnologi Karya Tulis Ilmiyah Bidang Agribisnis dan Kurniawan Subianto, A.Md, pengusaha tehnologi dari kota Blitar yang menyampaikan materi tentang Penggalian Ide Inovasi dan Tehnologi Karya Tulis Ilmiyah Bidang Tehnologi Informatika.(der)



Dibaca : 186