12 Februari 2018

Jelang Pilgub FKUB Kota Blitar Harus Menjadi “Pemadam Kebakaran”

Walikota Blitar M Samanhudi A saat mengukuhkan pengurus FKUB kota Blitar periode 2018-2021.

Senin pagi 12 (02/18) Walikota Blitar mengukuhkan pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Blitar periode 2018-2021. Bertempat di balai kota kusumo wicitro kota Blitar. Dihadiri anggota forpimda Kota Blitar-para pimpinan OPD dilingkup Pemkota Blitar-kepala kantor kementrian agama dan perwakilan dari pengurus majlis 6 agama dikota Blitar. 

Drs. H.Abdul Basyid M.Pd ketua FKUB Kota Blitar mengatakan meskipun moment pengukuhan pengurus FKUB jelang pilgub jatim, namun tidak menjadikan beban berat. Karena pada dasarnya FKUB tidak ada kaitan dengan politik, tugas utamanya untuk menjaga kerukunan umat beragama. Apalagi saat ini forum kader kerukunan umat beragama (FKKUB) ditingkat kelurahan dan kecamatan sekota Blitar sudah terbentuk. Sehingga bisa mendeteksi sejak dini, jika ada gejolak dimasyarakat khususnya berkaitan dengan kerukunan umat beragama.

“Yang terpenting saat ini seluruh pengurus FKUB, yang merupakan tokoh agama dari 6 agama diKota Blitar memiliki komitmen dan tanggungjawab yang sama. Mari kita jalankan amanah Peraturan Bersama Menteri (PBM) No 8 dan 9 tahun 2006,” kata Basyid.

Sementara itu, Tamhid mashudi wakil ketua Pemberdayaan FKUB Propinsi Jawa Timur berpesan agar seluruh pengurus FKUB Kota Blitar komitmen untuk tidak terlibat dalam politik praktis. Karena FKUB merupakan lembaga independen yang fokus untuk kepentingan kerukunan umat beragama. 

“Tugas utama khususnya jelang pilkada tahun ini FKUB harus menjadi pemadam kebakaran. Tidak menutupkemungkinan muncul riak-riak kecil yang berangkat karena permasalahan agama dll,”kata Tamhid.

Sekedar diketahui sobat, berdasarkan amanah PBM No 8 dan 9 tahun 2006, jumlah pengurus FKUB kota/ kabupaten terdiri dari 17 orang, perwakilan dari tokoh agama dan tokoh organisasi keagamaan. Dikota Blitar terpilih menjadi ketua-Drs.H.Abdul Basyid M.Pd/dari MUI Kota Blitar. Wakil ketua I –Drs.H.Mustamir Karim,S.Pd,M.Pd dari LDH, wakil ketua II-Drs.Subakir M.Ag dari MUI, sekretaris-Gigih Mardana S.Sos M.Si dari NU, Wakil sekretaris-Drs.Hj.Tatik Kusumawati dari Muslimat NU, Bendahara -Drs.Hj.Sri Lestari dari Aisyiyah. Bidang pemeliharaan dan pemberdayaan-Koordinator Drs.H.Sukri MM dari IPHI dengan 4 anggota dan bidang pendirian rumah ibadat koordiantor Drs.Habib Bawafi M.Ag dari NU kota Blitar dengan 4 anggota. (Ram) 



Dibaca : 24