08 Februari 2018

Terapkan PUG Pucuk Pimpinan OPD Pemkot Blitar di Jabat Seorang Wanita

Wakil Walikota Blitar H Santoso saat membuka Sosialisasi PUG di balaikota.

Sekitar 60 orang terdiri dari pimpinan OPD di lingkup Pemkot Blitar kamis pagi 08 (02/18) mengikuti kegiatan sosialisasi dan peningkatan pemahaman tentang pengarusutamaan gender (PUG). Bertempat dibalai kota kusumo wicitro kota Blitar. Hadir sebagai narasumber tunggal, Fivi Diawati SE MM, kabid kesetaraan gender dalam infrastruktur Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Secara resmi dibuka Wakil Walikota Blitar.

Dra.Sulistiani MM, kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (P3AP3-KB) Kota Blitar mengaku sengaja melibatkan seluruh pimpinan OPD, agar dalam pengambilan kebijakan bisa responsive gender. Artinya dalam perencanaan penyusunan program dan anggaran di OPD selalu memperhatikan PUG. Apalagi para kasubag program sudah mendapatkan pelatihan penyusunan anggaran yang responsive gender.

“Wujud PUG dalam setiap kegiatan OPD tidak hanya diikuti pria saja atau wanita saja. Bahkan agar PUG dikota Blitar maksimal, Dinas P3AP2KB akan melakukan monitoring dan evaluasi bersama tim terdiri dari Bappeda dan Inspektorat,” jelas Sulistiani.

Sementara itu Drs.H.Santoso M.Pd, wakil walikota Blitar mengatakan meskipun belum maksimal, namun Pemkot Blitar sudah menerapkan PUG. Saat ini beberapa pimpinan OPD dijabat seorang perempuan. Namun demikian Santoso menegaskan para perempuan yang mendapatkan amanah sebagai kepala OPD memang memenuhi kriteria yang ditentukan.

“Penempatan Para wanita menduduki jabatan tinggi memang sudah porporsional dan profesional,”kata Santoso. (Ram)



Dibaca : 101