08 Januari 2018

Polres Blitar Kota segera buka rekruitmen calon anggota baru untuk penuhi kebutuhan jumlah personel



BLITAR - Setiap tahun Polres Blitar Kota selalu menganggarkan dana untuk rekruitmen anggota Polri baru. Menurut rencana tahun ini rekruitmen akan dilaksanakan antara bulan Maret dan April 2018.

Kompol Slamet Riadi, S.H., M.Hum Kabag Sumda Polres Blitar Kota menjelaskan rekruitmen ini dilakukan karena setiap tahun selalu ada personel kepolisian yang pension. Sehingga dibutuhkan personel baru untuk mengimbangi jumlah polisi yang purna tugas. Berdasarkan Daftar Susunan Personel Polisi (DSPP) seharusnya pada pihaknya memiliki sekitar 1100 anggota. Tapi kenyataan di lapangan hanya memiliki 546 personel. Untuk itu tahun ini pihaknya juga akan mengadakan rekruitmen calon anggota Polri di jajaran wilayah hukum Polres Blitar Kota.

Slamet menjelaskan secara garis besar syarat untuk pendaftar calon anggota Polri baru diantaranya laki - laki maupun perempuan dengan usia minimal 17 tahun ketika dibuka pendidikan dan maksimal usia 21 tahun. Rentang usia ini berlaku untuk calon Polri yang melalui jalur Akpol dan Bintara. Sementara untuk jalur Tantama maksimal 22 tahun. Menurutnya selain tiga jalur itu Polda juga membuka jalur pendaftaran Sumber Sarjana. Namun jalur ini tidak diberlakukan setiap tahun karena terlebih dahulu melihat kebutuhan di masing – masing Polda, serta D3 khusus untuk jurusan Tegnologi Informatika (TI).(vik)



Dibaca : 46