06 Januari 2018

Di bawah guyuran hujan, Kirab Gunungan peringatan Bersih Desa Kelurahan Tlumpu tetap meriah

Salah 1 peserta Kirab dengan group barongannya.

BLITAR - Sabtu 06 Januari 2018 Kelurahan Tlumpu gelar Pawai Budaya atau Kirab Gunungan dalam rangka Bersih Desa. Pawai berjalan lancar dan tertib. Meskipun sempat diguyur hujan namun seluruh peserta pawai tetap mengikuti jalannya pawai sampai tiba garis finish.
Muhammad Hasir Lurah Tlumpu Kecamatan Sukorejo Kota Blitar pada Sabtu (06/01) menjelaskan bahwa pawai diikuti ratusan warga Kelurahan Tlumpu dengan memakai berbagai kostum, seperti baju jadul dan adat provinsi. Pawai diawali dengan regu Paski disusul grub drum band, 4 gunungan masing – masing gunungan Empu Ki Ageng Cokro Semedi,  Empu Punjung Panangkarani Sewu Negoro, Empu Suroito, Empu Barat Katigo kemudian diikuti peserta lain. Ada beberapa atraksi yang juga ditampilkan para peserta antara lain barongan, jaranan dan joget modern. Sebelum berangkat melewati rute yang ditentukan panitia, warga di sekitar lokasi start dihibur musik karawitan. Hasir berharap setelah menggelar acara ini wilayahnya terbebas dari bala atau masalah serta perekonomian warga lebih maju.
Sementara itu Surati Guru TK Negeri Tlumpu 1 Kota Blitar menuturkan untuk mengikuti pawai ini pihaknya sudah mempersiapkan sekitar 50 siswa - siswi beserta wali murid. Menurutnya semua peserta dari TK Negeri Tlumpu 1 Kota Blitar menggunakan pakaian adat dari sejumlah provinsi yang ada di Indonesia. Karena melalui kegiatan ini sekaligus untuk mengenalkan baju adat kepada siswa siswinya. Ia berharap dengan mengikuti pawai ini sekolahnya yang dulu disebut TK Dharma Wanita menjadi lebih dikenal masyarakat.(vik)



Dibaca : 144