14 November 2017

Dinsos Terima Dana ASPDB Tahap Pertama Dari Kementrian Sosial RI

BLITAR - Senin (07/11), sebanyak 10 penyandang disabilitas berat di Kota Blitar, mendapatkan bantuan dana Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB) dari Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementrian Sosial RI.
Chm. Hartutik, S.E. Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Sananwetan Kota Blitar pada Senin (13/11), menuturkan bahwa pencairan dana ASPDB ini merupakan tahap pertama ditahun 2017, untuk penerimaan bulan Januari hingga April 2017. Setiap orang mendapatkan uang sebesar 300 ribu rupiah perbulan, sehingga total dana yang diterima sebesar 12 juta rupiah. Dana ini akan diberikan kepada yang bersangkutan seumur hidup. Pencairan dilakukan melalui bank yang telah ditunjuk Kementrian Sosial RI. Sementara untuk penyalurannya langsung diberikan kepada keluarga yang bersangkutan, dengan didampingi perangkat kelurahan setempat dan tim dari Dinas Sosial Kota Blitar.
Tutik menjelaskan bahwa sebelum menerima pencairan dana, pihaknya telah dipanggil ke Kantor Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur untuk menerima pengarahan dan Sosialisasi. Menurutnya 10 penyandang disabilitas berat harus memiliki Kartu Keluarga Sehat agar dapat mencairkan dana bantuan ASPDB. Ia menambahkan bahwa 10 penerima bantuan itu masing-masing, 8 dari Kecamatan Kepanjenkidul dan 2 dari Kecamatan Sananwetan, dengan kriteria bagi mereka yang benar-benar tidak bisa mandiri dan memerlukan bentuan orang lain untuk segala aktifitas sehari-hari. Tutik berharap, untuk pencairan dana ASPDB pada tahap selanjutnya ada penambahan data.(vik)



Dibaca : 15