14 November 2017

Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Sananwetan Gelar Pesta Siaga Tahun 2017

BLITAR - Sabtu (12/11) Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Sananwetan Kota Blitar menggelar “Pesta Siaga tahun 2017”. Kegiatan dilaksanakan di SD Negeri Karangtengah Kota Blitar. Diikuti sekitar 350 siswa SD atau Pramuka Siaga dari 23 Gugus Depan (Gudep), di seluruh wilayah Kecamatan Sananwetan Kota Blitar.
Ariadi Ka Kwaran Sananwetan Kota Blitar pada Senin (13/11), menuturkan bahwa dalam giat kali ini pihaknya mengambil tema “Dengan Ilmu Hidup Akan Menjadi Mudah, Dengan Seni Hidup Akan Menjadi Indah, Dengan Agama Hidup Akan Terarah”. Tujuan diselenggarakan giat ini, agar peserta memiliki ilmu pengetahuan, jiwa seni, dan ketakwaan yang tinggi sejak dini. Kegiatan yang hanya digelar satu hari ini diawali dengan upacara pembukaan dan doa bersama. Kegiatan ini melatih peserta agar semakin cinta tanah air dan diharapkan memiliki ketakwaan terhadap Tuhan YME. Dilanjutkan dengan yel dari setiap gudep. Menurutnya dengan menampilkan yel akan menjadi kebanggaan bagi masing-masing Gudep. Selain itu, peserta juga mengikuti permainan roda raksasa dan memindah balok, kegiatan ini untuk melatih siswa agar memiliki ketangkasan dan kecerdasan. Ariadi menjelaskan bahwa seluruh kegiatan yang dilakukan para Pramuka Siaga, memiliki tujuan masing-masing.
Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan tahun 2017 pada “Pesta Siaga Kwaran Sananwetan” ini, para peserta dikenalkan dengan sejumlah pahlawan yang berasal dari Blitar, seperti Ir. Soekarno, Supriyadi, dan Sukarni. Menurut Ariadi, selain menambah pengetahuan dan melatih ketangkasan, pihaknya juga mengajarkan kejujuran kepada peserta, dengan adanya Warung Kejujuran. Setiap siswa mendapatkan 2 kupon untuk ditukarkan dengan snack di Warung Kejujuran, tanpa ditunggu panitia. Kegiatan selesai sekitar pukul 3 sore dengan melaksanakan upacara penutupan dan diikuti seluruh peserta “Pesta Siaga”.(vik)



Dibaca : 14