13 November 2017

Dinilai Bermanfaat, Warga Miskin Perpanjang SPM

BLITAR - Sesuai dengan ketentuan, pengajuan perpanjangan Surat Pernyataan Miskin (SPM) bisa dilakukan setelah SPM dipakai warga miskin dan atau berumur 3 bulan dari tanggal SPM diterbitkan. Jika warga miskin ingin memakai SPM untuk berobat, sementara masa berlakunya akan habis, mereka harus mengajukan perpanjangan SPM ke Dinas Sosial. Kebijakan ini diterapkan untuk menghindari salah administrasi dan control layanan terhadap warga yang menggunakan SPM.
Drs. E.C Priyo Istanto Kepala Dinas Sosial Kota Blitar pada Jumat (10/11), mengatakan bahwa dari total 700 lebih SPM yang sudah diterbitkan tahun 2017 ini, seperempatnya merupakan SPM yang sudah diperpanjang pemiliknya, karena dipakai untuk berobat kembali. Saat warga miskin melakukan perpanjangan, pihaknya hanya melakukan cross check data saja termasuk ke petugas sosial lapangan dan ke BPJS Kesehatan, untuk mengetahui status terbaru mereka.
Sesuai dengan ketentuan, SPM hanya bisa dipakai berobat di 3 Puskesmas diantaranya Puskesmas Kepanjenkidul, Puskesmas Sananwetan dan Puskesmas Sukorejo, termasuk di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar.(yud)



Dibaca : 21