12 September 2014

BKD : Jadwal Ujian CPNS Kewenangan Panselnas

Seperti diinformasikan sebelumnya, pelaksanaan ujian CPNS tahun ini berbasis komputer. Mulai dari proses pendaftaran, hingga proses pelaksanaan seleksi nanti.

Paring Gentur Utomo, Kasubid Formasi Data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar mengatakan, pada prinsipnya pelaksanaan seleksi CPNS kali ini melalui jalur satu pintu, yakni melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pusat. Sementara Badan Kepegawaian Daerah (BKD) pada seluruh wilayah di tanah air hanya sebagai mediator di tingkat daerah, untuk memfasilitasi pendaftaran. Kewenangan dalam menentukan jadwal dan cara pelaksanaannya diserahkan sepenuhnya kepada Panselnas.

Menurut Paring, metode yang digunakan untuk melakukan rekrutmen CPNS formasi umum tahun ini merupakan metode baru yang diterapkan Panselnas, dimana BKD hanya ditugasi melakukan pengusulan, sementara pelaksanaannya menjadi kewenangan Panselnas. Bahkan, pengawasan ujian nanti juga dilakukan sendiri oleh Panselnas. Daerah hanya diberikan kewenangan mengusulkan lokasi.

Sementara itu, hingga kamis siang (11/9), jumlah pelamar seleksi CPNS Kota Blitar yang sudah meregistrasi di website sebanyak 4.200, namun berkas lamaran yang diterima oleh panitia seleksi masih sekitar 1.250. (ram)