18 November 2013

Sesuaikan DPT Pemilu 2014, Dispendukcapil Verifikasi Data Penduduk

Drs. Gatut Harisiswanto, M.Si, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Blitar, mengakui pihaknya telah menerima informasi dan permohonan bantuan dari KPU Kota Blitar terkait pencocokan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2014 yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). Dimana sesuai data dari KPU, saat ini terdapat 943 warga Kota Blitar yang terdata dalam DPT, namun belum memiliki NIK.

Menurut Gatut, pihaknya masih berupaya melakukan verifikasi terhadap data pemilih dimaksud dengan fakta yang ada di lapangan. Tidak adanya NIK dalam data pemilih itu disinyalir karena beberapa faktor. Diantaranya warga itu bukan warga Kota Blitar atau yang bersangkutan memang warga Kota Blitar namun belum pernah mencatatkan biodatanya secara resmi melalui kelurahan dan Dispendukcapil.

Sementara itu sesuai dengan Peraturan Presiden No. 25 tahun 2008 tentang persyaratan dan pendaftaran penduduk di Dispendukcapil, untuk mendapatkan NIK di Dispendukcapil, penduduk harus mengajukan surat pengantar melalui RT-RW dengan membawa dokumen kependudukan yang dimiliki seperti kutipan akta kelahiran, KK, KTP ataupun ijasah dan surat nikah atau akta cerai.

Sementara sesuai hasil rapat pleno KPU pada 1 November lalu, diperoleh data DPT hasil perbaikan di Kota Blitar sebesar 108.163 jiwa. Dari jumlah itu, ada 943 diantaranya yang ternyata tidak memiliki NIK sehingga harus melengkapi syarat administrasinya sebagai DPT sah, sebelum tenggat waktu 30 Nopember. (ram)