09 Juli 2013

Kemenag Kota Blitar Gelar Sosialisasi Penyesuaian Waktu Imsak

Menjelang puasa Ramadhan 1434 Hijriah, Kantor Kementerian Agama Kota Blitar menggelar sosialisasi penyesuaian waktu imsakiyah, senin (08/07). Kegiatan itu diikuti pimpinan SKPD di jajaran Pemerintah Kota Blitar, tokoh masyarakat dan ormas Islam.

Drs. H. Imam Muhlis, M.Pd, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Blitar menjelaskan, sosialisasi itu digelar dengan tujuan untuk membangun kerukunan intern umat beragama. Hal ini mengingat sebagian umat Islam telah menetapkan awal Ramdhan dengan metode hisab, yakni awal puasa ditetapkan selasa (09/07). Namun demikian, pemerintah masih belum menentukan awal puasa, menunggu hasil sidang Isbat yang digelar senin (08/07) malam, sesuai dengan hasil rukyatul hilal.

Menurut Muhlis, saat ini Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Propinsi Jawa Timur telah menerbitkan jadwal imsakiyah per daerah yang bisa digunakan sebagai patokan bagi umat muslim untuk mengetahui jadwal waktu solat dan waktu imsak. Namun demikian untuk menyamakan waktu mulai dari detik, menit hingga jam, pihaknya menghimbau agar masyarakat mengecek lewat telkom melalui nomor 103. (ram)