01 November 2012

Waduh, Puluhan Guru SMK Harus Uji Kompetensi Ulang

Uji Kompetensi Guru (UKG) tahap II bagi guru bersertifikasi secara on line nasional sudah berlangsung. Untuk Kota Blitar, dimulai tanggal 29 Oktober hingga 02 Nopember 2012. Dari data yang ada di Dinas Pendidikan Daerah kota Blitar, ujian ini diikuti sekitar 581 guru yang berseritifikasi. Tidak hanya untuk para guru mulai tingkatan guru TK hingga SMA saja, namun juga para guru SMK dan pengawas sekolah.

Drs. Bambang Pribadi, Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Daerah kota Blitar menyebutkan, UKG dilaksanakan di SMK Negeri 1 kota Blitar, terdiri 211 guru TK, SD, SLB, SMP dan SMA yang harus mengikuti ujian ulang karena faktor kesalahan tehnik, seperti karena salah pencet dalam mengerjakan soal, tidak masuk karena sakit, umroh dan lain-lain. Akibatnya tidak ada nilainya dan harus mengulang pada tahap kedua ini.

Bambang menambahkan, dari sejumlah guru peserta UKG ini, sekitar 60 guru harus mengikuti ujian ulang. Mereka mengulang bukan karena faktor teknologi, namun permasalahannya ada pada materi ujian.

Menurutnya, materi secara nasional dari Jakarta yang disediakan, tidak muncul materi soal bagi guru SMK dengan materi ketrampilan listrik, tehnik komputer dan lain-lain. Para peserta tidak bisa berbuat apa apa, karena mereka tinggal mengerjakan dengan menggunakan peralatan yang ada.


“Permasalahan ini juga terjadi secara nasional” ungkap Bambang. (der)

Close