x

Pemkot Blitar Gelar 2 Program Khusus Agar Warga Enggan Jadi TKI

Blitar Kota - Dua program itu diantaranya program pelatihan kewirausahaan dan program bursa kerja khusus.

Dwi Andri Susiono, S.H, Kasi Perlindungan Tenaga Kerja dan Industrial, Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan PTSP Kota Blitar, saat ditemui di kantornya (9/7) Selasa siang mengatakan, pelatihan kewirausahaan seperti pelatihan otomotif, usaha cuci mobil, handicraft, salon, dan memasak ditujukan khusus bagi warga kurang mampu, agar mereka mempunyai ketrampilan maupun persiapan usaha sendiri. Targetnya, mereka bisa memperoleh penghasilan yang lebih baik melalui ketrampilan dan usaha yang mereka rintis, sehingga mereka akhirnya enggan menjadi TKI ke Luar Negeri.

Selain pelatihan kewirausahaan, pihaknya juga rutin menggelar job fair dan mini job fair. Program ini ditujukan bagi warga Kota Blitar yang menganggur dan bingung mencari pekerjaan. Selain menawarkan ribuan lowongan kerja, pihaknya juga memprioritaskan warga asli Kota Blitar agar cepat mendapat kerja.

“Agar tidak banyak warga kita yang menjadi TKI, kita beri mereka pelatihan wirausaha dan job fair, agar mereka punya ketrampilan dan bisa membuka usaha sendiri,” ujar Andri.

Dibanding Kabupaten-Kota lain di Jawa Timur, Kota Blitar menjadi wilayah paling sedikit mengirim TKI/TKW ke Luar Negeri. (Yud)

 

Share icon
Dibaca : 15 kali