x

Masa Penyerahan Syarat Dukungan Calon Perseorangan Pilwali 2020 Berubah

Blitar Kota - Masa penyerahan syarat minimal calon perseorangan di Pilwali 2020 Kota Blitar diprediksi lebih pendek, menyusul adanya perubahan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Demikian disampaikan Hernawan Miftakhul Khabib, Komisioner Divisi Teknis, KPU Kota Blitar.

Hernawan mengatakan sesuai surat instruksi dari KPU RI terdapat perubahan jadwal tahapan Pilwali 2020. Pihaknya belum bisa menjelaskan secara detail, karena masih menunggu Peraturan KPU (PKPU) yang baru. Namun yang jelas, terdapat beberapa tahapan Pilwali 2020 yang akan ditunda pelaksanaannya. Misalnya, tahapan pengumuman syarat minimal dukungan calon perseorangan, yang harusnya dilaksanakan 25 November 2019, sampai saat ini belum bisa dilakukan KPU Kota Blitar. Begitu juga dengan  pengumuman syarat minimal dukungan calon perseorangan, masih menunggu PKPU tentang Tahapan Pilwali yang baru. Berdampak pada massa penyerahan syarat minimal dukungan calon perseorangan lebih pendek.

Hermansyah menjelaskan, sesuai tahapan lama, penyerahan syarat minimal dukungan calon perseorangan dimulai 11 Desember 2019 sampai 5 Maret 2020. Tetapi, di jadwal yang baru penyerahan syarat minimal dukungan calon perseorangan hanya sampai Februari 2020.

“Yang jelas saat ini kita masih mengacu PKPU nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, karena untuk peraturan yang baru kan kita masih menunggu,” kata Hermansyah.

Hermansyah menegaskan, instruksi KPU RI ini tidak berpengaruh pada jumlah minimal dukungan yang harus diserahkan calon perseorangan. Jumlahnya tetap, sesuai dengan rapat pleno yang dilakukan KPU Kota Blitar, yaitu 10% dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu terakhir. (Kir)

Share icon
Dibaca : 21 kali