x

Visi & Misi

Visi  

“MASYARAKAT KOTA BLITAR SEMAKIN SEJAHTERA MELALUI APBD PRO RAKYAT PADA TAHUN 2021”

Adapun dengan penjelasan dari visi tersebut sebagai berikut :
 • Kota Blitar semakin Sejahtera
Merupakan peningkatan dari kondisi sejahtera, dimana sejahtera merupakan perwujudan kondisi masyarakat yang tidak hanya berdimensi material atau jasmaniah, tetapi juga spiritual atau rohaniah. Peningkatan kondisi sejahtera yang memungkinkan rakyat menjadi manusia yang utuh dalam menggapai cita-cita ideal, dan berpartisipasi dalam proses pembangunan secara kreatif, inovatif, dan konstruktif, dalam tata kehidupan dan juga tata pemerintahan yang aman, tenteram, rukun dan damai. Disamping terpenuhinya kebutuhan dasar sandang, pangan, papan, pendidikan, kesehatan, dan lapangan kerja, juga bebas mengemukakan pikiran dan pendapat, bebas dari ketakutan dan belenggu diskriminasi, serta bebas dari penindasan, dengan sumber daya manusia yang makin berkualitas secara fisik, psikis maupun intelektualitas.
Hal ini ditandai dengan meningkatnya derajat kesehatan, tingkat pendidikan dan pendapatan masyarakat, serta semakin kondusifnya lingkungan kehidupan sosial masyarakat, yang kesemuanya harus bisa dinikmati secara adil oleh seluruh lapisan masyarakat.
Mencermati realitas masyarakat Kota Blitar yang majemuk, baik dari segi agama, suku bangsa, status sosial ekonomi, dan berbagai latar belakang lainnya diperlukan spirit untuk membangun kohesivitas sosial berupa semboyan “One For All-All For One”, satu untuk semua, semua untuk satu. Semboyan ini memiliki makna Kota Blitar memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat, dan pada saat yang bersamaan seluruh masyarakat Kota Blitar berperan aktif dalam membangun Kota Blitar.

• APBD Pro Rakyat mengandung makna bahwa APBD Kota Blitar dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Blitar.


     

Misi

Untuk mewujudkan visi pembangunan “Masyarakat Kota Blitar Semakin Sejahtera Melalui APBD Pro Rakyat Pada Tahun 2021” tersebut, ditempuh melalui semboyan “One For All All For One” yang dimaknai sebagai satu kesatuan, satu untuk semua, semua untuk satu, yang mengandung pengertian bahwa Kota Blitar memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat, dan pada saat yang bersamaan seluruh masyarakat Kota Blitar berperan aktif dalam membangun Kota Blitar.

Sebagaimana rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi pembangunan daerah, maka ditetapkan 6 (enam) misi Kota Blitar periode 2016 – 2021 sebagai berikut : 


Misi PertamaMeningkatkan Aktualisasi Nilai-Nilai Religius dalam Kehidupan Bermasyarakat.
Misi ini untuk mewujudkan peningkatan aktualisasi religius masyarakat melalui peningkatan kualitas kehidupan beragama masyarakat, yang didasarkan pada fungsi dan peran agama sebagai landasan moral dan etika serta diarahkan pada terwujudnya suatu tatanan sosial masyarakat yang memiliki karakter Religius. 


Misi Kedua: Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang Cerdas dan Berdaya Saing Tinggi.
Misi ini untuk mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan bagi semua, melalui peningkatan pemenuhan dan pemerataan layanan dasar masyarakat dalam sistem pendidikan yang bermutu, terjangkau dan gratis untuk menghasilkan SDM yang kreatif, inovatif, disiplin dan bertanggung jawab, berketerampilan serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. 


Misi Ketiga: Meningkatkan Kemandirian Ekonomi yang Berorientasi pada Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang Berdaya Saing dan Berwawasan Lingkungan
Misi ini diarahkan untuk mewujudkan peningkatan pembangunan ekonomi, sekaligus meningkatkan kemandirian dan kemampuan daya saing daerah, berorientasi pada ekonomi kreatif dan pariwisata melalui peningkatan aktivitas ekonomi dan kelembagaan koperasi dan usaha mikro. Disamping itu, pada misi ini juga mengarah pada peningkatan sektor pertanian dan ketahanan pangan, peningkatan perdagangan serta peningkatan kontribusi sektor pariwisata yang berdaya saing yang didukung oleh upaya pemeliharaan serta pelestarian seni budaya lokal. Termasuk dalam upaya meningkatkan kemandirian ekonomi disini mencakup peningkatan kinerja penanaman modal dan investasi daerah, serta meningkatkan ketersediaan dan kualitas infrastruktur untuk mengembangkan daya saing ekonomi dan kesejahteraan rakyat serta pembangunan yang ramah lingkungan. 


Misi Keempat: Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat yang Berbasis pada Sistem Pelayanan Berkualitas dan Partisipatif
Misi keempat ini diarahkan untuk meningkatkan perwujudan kesejahteraan, melalui peningkatan dan perluasan akses terhadap pelayanan kesehatan sebagai upaya untuk
meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Peningkatan derajat kesehatan masyarakat harus diimbangi oleh kesadaran masyarakat untuk berperilaku sehat mulai dari lingkungan terkecil yaitu rumah tangga atau keluarga, tetangga sampai dengan lingkungan perkotaan. 

 

Misi Kelima: Meningkatkan Keharmonisan Sosial dengan Semangat Rukun Agawe Santoso
Misi ini untuk mewujudkan peningkatan harmonisasi sosial masyarakat melalui peningkatan kualitas kehidupan sosial masyarakat yang dilingkupi oleh semangat Rukun Agawe Santoso sehingga tercipta harmoni sosial dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Terciptanya harmoni sosial yang merupakan upaya merevitalisasi budaya dan tradisi yang merupakan kearifan lokal sebagai bagian dari upaya membangun karakter bangsa, dengan dukungan keamanan dan ketertiban yang semakin meningkat. 


Misi Keenam: Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Bersih, dan Profesional 

Misi keenam RPJMD Kota Blitar ini diarahkan untuk mewujudkan peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan tata pemerintahan yang bersih (clean government), serta profesionalisme dalam memberikan pelayanan publik.