x

Maksimalkan Potensi Wilayah, Kecamatan Kepanjenkidul Segera Wujudkan 1 Kelurahan, 1 Inovasi

Blitar Kota –Kecamatan Kepanjenkidul terus berupaya untuk memaksimalkan potensi yang ada dimasing-masing kelurahan. Hal ini dilakukan agar, pemberdayaan masyarakat diwilayah setempat berjalan baik. Untuk itu, pihak Kecamatan saat ini mendorong masing-masing kelurahan untuk memiliki satu inovasi.

Camat Kepanjenkidul Parminto mengatakan, dua tahun lalu seluruh kelurahan telah menyusun perencanaan Maya Juwita (Masyarakat Berdaya Menuju Kota Pariwisata). Namun terdapat beberapa kelurahan yang belum maksimal dalam pelaksanaannya. Untuk itu, pihaknya mendorong agar kelurahan lebih serius dalam mengembangkan potensinya masing-masing. Menurut Parminto, Kecamatan Kepanjenkidu memiliki banyak sekali potensi. Misalnya wisata sejarah di Kelurahan Bendo, tempat dimakamkannya guru spiritual Bung Karno yaitu Mbah Bendo. Lalu wisata jambu kristla di Kelurahan Ngadirejo, dan lain-lain.

“Inovasi itu tidak melulu tentang IT ya, tapi potensi yang ada diwilayah itu sendiri. Banyak kelurahan yang sebenarnya sudah memiliki inovasi tapi kurang percaya diri, padahal kalau dikembangkan bagus” kata Parminto.       

Parminto menyebut, bagi kelurahan yang telah memiliki produk kampung wisata, maka bisa mengalihkan inovasi pada program pelayanan yang ada di kantor kelurahan. Kelurahan yang dimaksud diantaranya, Kelurahan Kepanjenlor dengan Kampung wisata 3D bongares, Kelurahan Kauman dengan Kampung Ikan Ikan Koi, serta beberapa kelurahan lainnya.

Parminto menagetkan, inovasi dimasing-masing kelurahan ini, terbentuk secara keselurahan di tahun 2020. (Kir)

Share icon
Dibaca : 5 kali