x

BPS Kota Blitar Lakukan Sensus Penduduk Dengan Metode Kombinasi

Blitar Kota - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Blitar akan melaksanakan sensus penduduk, mulai Februari mendatang. Demikian disampaikan Erni Fatma, Kepala BPS Kota Blitar saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (14/01/2020).

Erni mengatakan, sensus penduduk bertujuan untuk mengetahui perkembangan jumlah penduduk dari periode satu ke periode selanjutnya. Dalam pelaksanaannya akan menggunakan metode kombinasi, yaitu berbasis on line dan door to door atau off line. Sesuai jadwal sensus penduduk on line akan dimulai tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020. Pada periode itu masyarakat bisa mengisi data sensus melalui smartphone masing-masing dengan membuka link sensus.bps.go.id. Sementara bagi masyarakat yang belum terjangkau sensus on line, nantinya akan didatangi petugas pada bulan Juli 2020. Selain melakukan sensus, petugas juga memverifikasi ulang masyrakat yang telah mengisi data via online.

“Untuk sensus off line, kami akan menerjunkan sekitar 200 personil. Sebagian berasal dari mitra BPS yang sudah terdata. Tapi kalau ternyata kurang, kita akan melakukan perekrutan,” jelas Erni.

Sekedar diketahui, sensus penduduk dilakukan 10 tahun sekali, untuk mencapai Satu Data Kependudukan Indonesia. Tujuannya untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia, untuk proyeksi penduduk dan indikator pembangunan berkelanjutan. (Kir)

Share icon
Dibaca : 14 kali